Sharing RPP 2019

Sharing RPP 1 Mei 2019

Puji Tuhan! Retret Pekerja Perkantas (RPP) yang diadakan pada tanggal 1 Mei 2019 di Panti Asuhan Putera Betlehem telah berjalan dengan baik. Retret yang mengambil tema “Leaders Stand Firm” ditujukan kepada para pekerja Perkantas yang melayani di komponen siswa, mahasiswa, dan alumni. Tercatat sekitar 60 pekerja Perkantas yang tersebar dari seluruh komponen yang ikut ambil bagian di RPP tahun ini. Retret ini sebenarnya diadakan dengan tujuan agar para pekerja Perkantas dapat menjadi pemimpin yang teguh dalam menghadapi segala tantangan yang ada di dalam pelayanan, serta tidak kompromi akan segala bentuk penyimpangan. Tema ini diambil sesuai dengan fokus pelayanan perkantas di tahun 2019, dimana Perkantas harus hadir, relevan, dan teguh dalam mengerjakan panggilan-Nya melayani siswa, mahasiswa, dan alumni.

Untuk RPP tahun ini, setiap kegiatan dan materi dirancang oleh rekan-rekan dari Tim Total, yang berasal dari Solo. Dan ternyata mereka pun adalah alumni dari Perkantas juga, yang memiliki kerinduan untuk memperlengkapi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Materi dan kegiatan yang diberikan oleh teman-teman dari Tim Total terdiri dari 3 sesi, yaitu outdoor games, Sesi indoor I debrief, dan sesi indoor II yang mengambil tema “Tantangan Seorang Pemimpin”.

Untuk sesi 1, kegiatan dilakukan di luar ruangan. Peserta RPP dibagi menjadi 6 kelompok untuk memainkan 5 permainan berbeda. Permainan tersebut antara lain adalah dinamic ring, trust fall, boom korek, pistol air, dan blind faith. Setiap kelompok akan bermain permainan yang berbeda, kecuali di permainan pistol air dimana 2 kelompok saling berhadapan dan berkompetisi menembak sejumlah lilin yang dijaga masing-masing kelompok dengan pistol air yang sudah disediakan. Teriknya matahari tidak menghalangi para peserta RPP untuk memaikan permainan yang sudah disiapkan Tim Total dengan penuh antusias.

Sesi berikutnya adalah debrief. Sesi ini dibawakan oleh Kak Jusuf Tjahjo Purnomo. Sesi debrief sendiri menjelaskan makna dari tiap permainan yang diikuti oleh masing-masing peserta kelompok. Di sesi ini para peserta diperlihatkan “aksi” mereka dalam menyelesaikan tantangan di masing-masing permainan. Gelak tawa pun tidak terhindarkan, ketika para peserta menonton aksi menggelikan dari teman-teman peserta RPP bahkan dirinya sendiri di rekaman video mereka sendiri. Masing-masing permainan memiliki makna tersendiri yang dapat memperlengkapi para peserta RPP sebagai pemimpin ataupun calon pemimpin. Tidak ketinggalan, di sesi ini pun juga diberikan “apresiasi” bagi individu yang ternyata cukup menonjol dalam permainan-permainan tertentu.

Sesi terakhir, yaitu “tantangan seorang pemimpin” dibawakan oleh Kak Andreaz Kurniawan. Di Sesi ini dijelakan tantangan apa saja yang biasa dihadapi oleh pemimpin, baik secara internal, maupun secara eksternal. Para peserta pun memperhatikan paparan demi paparan materi yang disampaikan oleh Kak Andreaz dengan penuh perhatian, meskipun secara fisik, teman-teman peserta sudah lelah.

Acara yang dilakukan dari jam 9 pagi ini, akhirnya pun selesai di jam 4 sore. Kak Yong sebagai salah satu alumni yang hadir, menutup acara ini dalam doa. Selesai dari acara RPP ini pun, tidak lupa para peserta RPP berfoto bersama dengan Tim Total. Para peserta RPP diharapkan memperoleh wawasan yang dapat diterapkan sebagai pemimpin dalam pelayanan mereka masing-masing.