Sharing Pelayanan PAK 2021

Bersyukur kepada Allah untuk penyertaan-Nya dalam pelayanan alumni Perkantas Semarang sampai saat ini baik dalam persekutuan alumni, pra Alumni dan Mentoring. Sampai dengan Oktober 2021 ini, baik rapat pengurus maupun persekutuan masih diadakan secara online menggunakan G-meet dan Zoom Meeting.

Fokus PAK tahun 2021

Persekutuan Alumni di tahun 2021 fokus untuk menolong alumni tetap teguh atau memiliki kemampuan bertahan di tengah kondisi perubahan (RESILIENSI), dengan membahas mengenai Hal pribadi, Pelayanan, Keluarga, Keuangan, Pekerjaan, Iman, Kesehatan, Teologis. Bersyukur untuk alumni yang terus setia hadir dalam Persekutuan Alumni online baik alumni yang tinggal di Semarang maupun yang tinggal di luar Semarang.

Persekutuan Doa (PD) Pra Alumni

Persekutuan Doa (PD) Pra Alumni diadakan tiap Sabtu di minggu ke-3 pukul 13.00 – 15.00. Bersyukur ada beberapa pra-alumni yang berkomitmen untuk ikut. Secara garis besar, PD Pra Alumni hadir dalam bentuk persekutuan dan paket pembinaan, sebagai sarana bagi pra alumni untuk diperlengkapi selama mengerjakan tugas akhir dan sekaligus menyiapkan diri untuk memasuki dunia alumni. Maka dari itu, tema-tema yang diangkat juga berkaitan dengan kebutuhan pra-alumni. PD dimulai di bulan Maret dengan tema “Come and Stay” untuk menyambut pra-alumni, sekaligus memperkenalkan persekutuan ini kepada mereka. Di bulan April, mereka diajarkan bagaimana memanajemen stres karena mereka harus mengerjakan tugas akhir di masa pandemi ini. Di bulan Mei, pra-alumni mulai dibukakan soal meta narasi dengan tema “Making History with God”, yaitu bahwa mereka juga terlibat dalam visi besar Allah bagi dunia ini. Dari situ, dua bulan selanjutnya, mereka kemudian belajar untuk bisa memaksimalkan potensi dan ikut tes MBTI supaya tahu apa saja kekuatan yang mereka miliki untuk menyiapkan diri memasuki dunia alumni. Di bulan Agustus diisi dengan tema soal titik pukul vokasi sedangkan September diisi tentang esensi dan hakekat dalam bekerja. Dua bulan sisa akan diisi soal persiapan melamar kerja dan mengenai christian world view.  Saat ini ada sekitar 20 pra alumni yang rutin datang dan kami berharap setiap paket pembinaan yang disampaikan dapat terus menolong pra-alumni untuk bertumbuh dan dapat siap untuk memasuki dunia alumni nantinya. Doakan agar pra-alumni dapat setia datang dan kami juga dapat merancangkan persekutuan yang sesuai kebutuhan pra-alumni.

Divisi Mentoring

Di bulan Mei tepatnya tanggal 23 Mei 2021, divisi mentoring mengadakan persekutuan Mentoring mengenai mission Awareness yang dihadiri 32 alumni dari Semarang dan Timika dan materi yang disampaikan oleh Pdt. Bambang Sriyanto. Di dalam persekutuan tersebut, juga dibagi dalam kelompok dengan mendiskusikan hal-hal praktis yang bisa dikerjakan secara pribadi dan bersama-sama dalam komunitas. Ada satu rencana untuk membuka rumah konseling, diharapkan melalui rumah konseling ini dapat menolong siswa, mahasiswa ataupun alumni yang membutuhkan konseling secara pribadi. Doakan supaya alumni yang concern di bidang psikolog atau konseling dapat mempunyai beban sebagai konselor dan alumni di bidang lain dapat mendukung dalam doa maupun dana.

Kepengurusan PAK

Bersyukur juga atas hikmat Allah, pengurus PAK telah melakukan Rapat Evaluasi Pertengahan Tahun 2021 untuk melihat keberlangsungan program kerja yang telah dilakukan selama kurang lebih 6 bulan. Berdasarkan hasil diskusi dalam rapat diperoleh masukan dan evaluasi, salah satunya berkaitan dengan kegiatan mentoring alumni. Tindak lanjut yang akan dilakukan pengurus PAK adalah melakukan mentoring berjangka waktu (3 bulan) kepada kelompok kecil alumni yang seprofesi. Doakan agar pengurus mampu memetakan kebutuhan dan mencari mentor professional yang sesuai dengan kebutuhan.

Persiapan Weekend Alumni 2021

Pada tanggal 18-19 Desember 2021 akan di adakan Weekend Alumni 2021 dengan tema Bouncing Forward: Adapting with The Crises, yang bertujuan supaya alumni memiliki kemampuan resiliensi menghadapi perubahan jaman sehingga mampu hadir, teguh, dan relevan dalam keluarga, pekerjaan, dan masyarakat. Weekend alumni masih akan di adakan secara online melalui Zoom meeting. Bersyukur untuk Pak Ichwan, Pak Kuriake dan Bang Binsar yang menyediakan menjadi pembicara, doakan di dalam persiapan. Doakan untuk beberapa alumni yang masih dihubungi untuk menjadi petugas baik SL maupun gitaris.

Sekalipun ada kekurangan dan tantangan yang kami hadapi terkhusus selama pandemi, kami tetap mengucap syukur karena Tuhan masih memberikan anugerah-Nya untuk kami dapat merasakan persekutuan yang saling membangun di dalam komunitas Perkantas. Terimakasih pula kami ucapkan teman-teman alumni yang terus mendukung kami dalam doa, daya dan dana. Kiranya berkat Allah dirasakan oleh kita semua dan tetap jaga kesehatan.