Sharing Pelayanan Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19

Terpujilah nama Tuhan karena atas kemurahan-Nya, pelayanan mahasiswa di Semarang masih dapat tetap berjalan. Pelayanan mahasiswa mengalami penyesuaian metode dalam melayani rekan-rekan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode online. Persekutuan-persekutuan dan hampir semua pelayanan kelompok tumbuh bersama dijalankan dengan metode online yang difasilitasi dengan beberapa aplikasi seperti Zoom, Google Meet, WhatsApp, Line, dan Google Duo. Seperti halnya PMKS yang menggunakan Google Meet sebagai sarana melakukan PU Online setiap hari Rabu jam 17.30.

PU Online sudah dilaksanakan 4 kali, terhitung dari tanggal 1 April 2020. Tema-tema yang diangkat adalah “COVID-19 (Christ Over Virus Infection and Disease)”, “SoDa (Sobat Doa)”, “Teguh Melayani” dan “manajemen stress; Healthy Inside Fresh Outside”.

Selain itu pelayanan kelompok tumbuh bersama juga tetap dapat dilakukan dalam situasi seperti ini. Memang ada kesulitan untuk mengetahui kondisi KTB di kampus-kampus, namun puji Tuhan, hampir semua pelayanan KTB untuk lingkar 1, tetap berjalan.

Selain PMKS, TPPM juga tetap berusaha melakukan tugasnya untuk mendampingi dan mendoakan para pengurus PMK di kampus mereka masing-masing. Mereka juga menolong PMKS untuk menginfokan dan mendorong teman-teman PMK mereka masing-masing untuk mengiikuti PU. Salah satunya adalah ketika mereka mendorong para pengurus PMK untuk mengikuti PU untuk pengurus dengan tema “Teguh Melayani”.

Agenda memperlengkapi TPPM dengan beberapa keterampilan untuk menolong pelayanan di PMK mereka masing-masing juga tetap berjalan. Salah satu training yang sudah diberikan kepada TPPM adalah training membawakan renungan, di mana karena situasi seperti, praktek dari training ini sebatas meminta anggota TPPM untuk membuat naskah renungan atau khotbah. Teman-teman TPPM pun juga dibekali untuk latihan PA induktif narasi. Latihan PA ini adalah follow up dari hasil latihan membawakan renungan karena didapati ada beberapa anggota TPPM yang perlu meningkatkan keterampilannya ber-PA.

Sekian sharing dari pelayanan mahasiswa di tengah pandemi Covid-19 ini. Sekalipun ada tantangan yang kami alami, kami tetap bersyukur karena Tuhan masih menyediakan cara-cara dan sarana-sarana untuk mengerjakan pelayanan kami. Tuhan memberkati