KATA Siswa 2021: The Precious GIft

KATA (Kebaktian Awal Tahun Ajaran) Siswa adalah sebuah acara yang diadakan oleh Persekutuan Siswa Kristen Semarang (PSKS) – Perkantas Semarang, yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru, termasuk di tahun ajaran baru 2021 ini. KATA tahun ini dipersiapkan oleh 5 panitia KATA yang didampingi oleh 2 pendamping. Kondisi yang masih berada di tengah pandemi tidak menghalangi diadakannya KATA meskipun harus  secara online. The Precious Gift (Hadiah Terindah) menjadi tema besar KATA tahun ini dengan ayat tema Yohanes 4:14 yang disampaikan menjadi dua bagian.

Bagian pertama dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2021. Bagian ini mengangkat topik keselamatan dari Kristus sebagai hadiah terbaik yang diterima umat manusia. Pada jenjang SMP pemberitaan keselamatan menggunakan metode PI jembatan dan untuk jenjang SMA menggunakan metode PI Choung. Penyampaian PI ini dilakukan oleh 30 orang yang meliputi CPKK dan TPS. Adik-adik dibagi menjadi 6 kelompok di SMP dan 24 kelompok di SMA. Selain di PI, adik-adik juga memuji Tuhan melalui video yang sudah dibuat oleh panitia dan bersama-sama mengambil komitmen di akhir acara. Secara keseluruhan dihadiri oleh 340 siswa baru dari sekolah yang dilayani dan ex-AKPA di sekolah yang tidak dilayani. Saat PI berlangsung dalam KATA bagian pertama, siswa kelas 8,9,11, dan 12 mengadakan persekutuan terpisah didampingi TSnya untuk mendoakan siswa kelas 7 dan 10 supaya menerima Kristus dengan sungguh-sungguh.

KATA Siswa 2021 

Bersyukur dari KATA bagian pertama ada 340 siswa yang menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat atas hidup mereka. Disisi lain siswa juga berkomitmen untuk meninggalkan dosa-dosa mereka, seperti kecanduan games, pornografi, kecanduan sosmed, menyontek, bertengkar, merasa tidak aman (insecure), dan dosa lainnya. Selain itu siswa siswa juga berkomitmen untuk berdoa & membaca alkitab, ikut persekutuan, bertumbuh dalam KPA/KTB serta hal lain yang menolong mereka untuk tidak jatuh dalam dosa.

Pada KATA bagian kedua yang dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2021 mengangkat topik keselamatan sebagai hal yang paling berharga dalam hidup manusia sehingga adik-adik dapat menghidupi keselamatannya. Firman Tuhan disampaikan oleh Kak Ivanna, Staf Perkantas Karanganyar. Kak Ivana menekankan bahwa Allah telah memberikan hadiah yang berharga berupa air yang memuaskan diri kita yaitu kasih keselamatanNya. Berbeda dengan hal-hal duniawi yang tak bisa memuaskan diri manusia. Setelah mendengarkan firman Tuhan adik adik dibagi dalam beberapa breakroom untuk ditolong dalam mengambil penerapan. Acara ini dilaksanakan secara bersama-sama 27 sekolah di Semarang. Selain itu ada juga siswa dan TPS dari Blora-Cepu, Palangkaraya, dan Timika. Total kehadiran KATA bagian kedua ada 540 orang.  

Bersyukur dari KATA bagian kedua ini, ada 424 siswa ya berkomitmen untuk meninggalkan hal-hal duniawi yang seringkali mereka kejar. Hal-hal duniawi ini seperti mencari penerimaan teman, mencari pengharapan/ pengakuan dari orang lain, kecanduan games, zona nyaman diri sendiri, mencari keuntungan diri sendiri, gaya hidup serba instan, dan hal lainnya.

Doakan untuk follow up dari KATA ini dengan dibentuknya kelompok kecil baik KTB atau KPA, supaya adik-adik sungguh-sungguh berkomitmen bertumbuh dalam kelompok kecil. Selain itu acara kota dan persekutuan sekolah juga dapat mengangkat tema-tema yang menolong mereka untuk terus bertumbuh dalam Kristus.

Tuhan Yesus Memberkati